STANDARD OPERATIONAL
PROCEDUR
Internal Business Process
1. Pelayanan Guest Laundry
Maksud dan Tujuan
Internal Business Process
1. Pelayanan Guest Laundry
Maksud dan Tujuan
· Permintaan dari tamu
atau dari Room boy untuk melakukan pengambilan Laundry.
· Perintah pelaksanaan
Pick up Guest Laundry yang ditetapkan setiap hari dari pukul 08.00-10.00 WIB
Uraian Kerja
· Menerima permintaan /
perintah pick up laundry
· Menuju kamar yang
memerlukan pelayanan guest laundry.
· Memastikan no kamar
dan jumlah dan jenis garmen serta kondisinya, sesuai dengan Laundry List.
· Mencatat no
kamar dan waktunya ke dalam Daily Pick up Laundry Report
· Memastikan jumlah
sesuai dengan LaundryList, garmen kondisi baik dan tidak cacat., jika ada
ketidaksesuaian harus segera diklarifikasikan ke tamu atau ke roomboy untuk
persetujuan.
· Memastikan Laundry
List dan garmen dalam Laundry Bag telah terikat dengan baik sebelum dibawa ke
area marking Laundry Department.
· Membawanya ke
area marking Laundry Department un tuk dimarking.
· Guest laundry sampai
di area marking Laundry Department.
· Daily Pick up Laundry
Report terisi sesuai dengan kenyataan.
· Laundry list ditulis
no kamar tamu dan jumlah item dengan spidol sesuai dengan laundry list..
· Laundry bag tidak
dalam keadaan robek/rusak
Marking
· Guest laundry sampai
di area marking Laundry Department.
· Mengeluarkan sambil
menghitung kembali kesesuaian jumlah garmen/pakaian dengan Laundry List dari
dalam Laundry Bag.
· Membuat tanda cetak
nomor kamar sesuai dengan jumlah pakaian / garmen, dengan menggunakan mesin
cetakan nomor (mesin marker) – Mark Numbering
· Menyematkan tanda
cetak nomor kamar pada setiap potong pakaian dengan menggunakan Marking Tape
· Setiap potong guest
laundry kotor telah disemati tanda cetak nomor kamar.
· Laundry List telah
dicek kesesuaiannya dengan garmen/pakaian yang akan dicuci
· Tanda cetak nomor
kamar harus menggunakan bahan dan cetakan dari mesin marker.
· Tanda cetak nomor
kamar harus dipastikan disematkan dengan kuat.
· Setelah selesai marker
diteruskan untuk proses Billing,
· Identifikasi
item (warna, merk, size) dicatat di log book setiap kamar dalam satu
baris
· Form yang digunakan
adalah Laundry List, Valet Pick Up Report, Log Book Spesifikasi Guest Laundry
Billing (Order
Taker)
· Laundry List telah
dicek kesesuaiannya dengan garmen/pakaian yang akan dicuci.
· Menuliskan ongkos
pencucian dan menjumlahkannya sesuai dengan item yang dicuci dan jenis
pelayanan yang diinginkan.
· Total ongkos
pencucian di laundry list dituangkan ke dalam “Valet Laundry”
Voucher.
· Mengisi Daily Sales
Laundry Report berdasarkan “Valet Laundry”Voucher.
· Menyerahkan laundry
list, Daily Sales Laundry Report dan “Valet Laundry” kepada Laundry Manager
untuk diperiksa.
· Setelah diperiksa
Laundry Manager, Laundry Attendant mengantar Valet Laundry Voucher ,
Daily Sales Laundry Report ke FOC untuk di posting.
· Meminta salinan Valet
Laundry yang telah ditandatangani oleh FOC untuk file.
· Menyimpan (file)
salinan Valet Laundry dan salinan Daily Sales Laundry Report.
· Melaporkan ke Laundry
Manager, bahwa billing telah selesai dilakukan dengan menyerahkan File salinan
Valet Laundry dan salinan Daily Sales Laundry Report.
· Laundry Manager
memeriksa kelengkapan file dan menyimpan di tempat yang aman dan mudah
ditemukan
· Proses billing selesai
· Salinan Valet Laundry
harus ditandatangani oleh FOC incharge – Stamp Posting
· File salinan Valet
Laundry dan salinan Daily Sales Laundry Report tersimpan di kantor Laundry.
Sorting / Washer
· Setiap potong guest
laundry kotor telah disemati tanda cetak nomor kamar.
· Memisahkan dan
mengelompokkan guest laundry kotor telah disemati tanda cetak nomor kamar
berdasarkan jenis bahan kain, warna, tingkat kekotorannya dan menurut waktu
pengerjaan (express, hari ini, atau besok).
· Meletakkan kelompok
guest laundry ke tempat pencucian sesuai dengan teknik pencucian yang akan
dilakukan.
· Kelompok guest laundry
siap untuk dicuci sesuai dengan teknik pencucian dan waktu penyerahan yang akan
diterapkan.
Washing
· Kelompok guest laundry
siap untuk dicuci
· Melakukan kegiatan
pencucian sesuai dengan teknik pencucian yang dibutuhkan.
· Kegiatan pencucian
selesai dan cucian dalam keadaan bersih
· Sebelum dicuci
diperiksa kembali.
· Teknik pencucian
sesuai dengan standar dari teknik pencucian yang diperlukan menggunakan alat
dan bahan sesuai dengan standar.
· Cucian tidak terjadi
kerusakan dan tidak ada yang tertinggal di alat bantu dalam mesin
· Hasil cucian disortir
kembali sebelum dimasukkan ke pengering (tumbler).
Drying/Pengeringan
· Kegiatan pencucian
selesai dan cucian dalam keadaan bersih
· Mensortir ulang hasil
cucian sebelum dikeringkan.
· Melakukan kegiatan
pengeringan dengan teknik pengeringan yang dibutuhkan.
· Mendinginkan cucian
apabila sudah kering.
· Kegiatan pengeringan
selesai dan cucian dalam keadaan bersih, harum dan kering
· Teknik pengeringan sesuai
dengan standar dari teknik pengeringan yang diperlukan dan menggunakan alat dan
bahan sesuai dengan standar.
· Cucian tidak terjadi
kerusakan dan tidak ada yang tertinggal di mesin tumbler
Pressing
· Kegiatan pengeringan
selesai dan cucian dalam keadaan bersih, harum dan kering
· Melakukan kegiatan
pressing dengan teknik pressing yang sesuai.
· Kegiatan pressing
selesai dan cucian dalam keadaan bersih, harum, kering dan rapi.
· Teknik pressing sesuai
dengan standar dari teknik pressing yang diperlukan dan menggunakan alat dan
bahan sesuai dengan standar.
· Cucian tidak terjadi
kerusakan
Folding, Inspection
& Packaging
· Kegiatan pressing
selesai dan cucian dalam keadaan bersih, harum, kering dan rapi
· Mengumpulkan dan
meletakkan semua pakaian yang sudah dipressing dan dilipat , sesuai
dengan no kamar atau inisial salinan laundry list .
· Melakukan inspeksi
terhadap hasil kegiatan dan sekaligus melakukan pengepakan (packaging) sesuai
dengan tata cara yang ditetapkan.
· Menyematkan salinan
laundry list dan menulis no kamar dengan spidol pada plastik pembungkusnya.
· Meletakkan kembali
hasil kegiatan Folding & Packaging di pigeon hole ,atau digantung
distanding trolly/standing hanger
· Kegiatan Folding &
Packaging selesai dan hasilnya telah terkumpul di pigeon hole sesuai dengan no
kamarnya.
· pada
salinan laundry list dan paraf petugas. Jika terjadi ketidaksesuaian segera
lapor Laundry Supervisor atau Laundry Manager untuk tindakan perbaikan lebih
lanjut.üKegiatan inspeksi dibuktikan dengan membubuhkan
thickmark (tanda)
· Jenis jas, kemeja,
gaun dan kaos ber-krah dibungkus dengan plastic suit / jas cover dan digantung
dengan hanger.
· Jenis celana panjang
dibungkus dengan plastic trouser suit dan digantung dengan hanger.
· Jenis kaos dan celana
pendek dan garmen lain yang berbentuk kecil dan mudah dilipat, dibungkus dengan
laudry bag
Valet Delivery
· Kegiatan Folding &
Packaging selesai dan hasilnya telah terkumpul di pigeon hole sesuai dengan no
kamarnya.
· Menyiapkan (dipastikan
bersih dan tidak macet) alat bantu kerja untuk mengantar laundry ke kamar tamu.
· Meletakkan/menggantungkan
dan mengatur letak laundry tamu pada alat bantu kerja, sehingga memudahkan
pengantaran (efisien sesuai urutan no kamar/floor; dari no. kamar yang terkecil
sampai terbesar) dan memudahkan pengambilan nantinya ketika sampai di kamar
tamu yang dimaksud.
· Mencatat/menyalin
salinan Laundry List ke dalam Valet Delivery Report khususnya untuk : no kamar
dan jumlah laundry yang akan diantar.
· Mengantar laundry ke
kamar-kamar tamu sesuai dengan Valet Delivery Report.
· Memberikan tanda pada
Valet Delivery Report sebagai bukti Valet Delivery telah dilakukan.
· Laundry bersih
diterima oleh tamu atau telah berada di kamar sesuai dengan Laundry list
· Laundry dalam jumlah
sesuai dengan laundry list, dalam kondisi bersih, rapi, harum, dan dikemas
sesuai dengan aturan pengemasan (IK folding & packaging).
· Diterima tepat waktu
sesuai dengan jenis pelayanan yang terdapat dalam Laundry List.
· Terdapat bukti tanda
terima/tanda bukti pengantaran
2. Laundry
Valet
Maksud dan Tujuan
Maksud dan Tujuan
· Memastikan penanganan
valet (pengambilan dan pengantaran order) di departemen Laundry dapat dilakukan
dengan efektif dan efisien.
Uraian Kerja
Pengambilan Pakaian Tamu
Pengambilan Pakaian Tamu
· Periksa apakah daftar
cucian/list ada, telah diisi dengan benar, kalau belum diisi, isilah dengan
benar.
· Periksa jumlahnya
apakah sesuai dengan yang diisi oleh tamu, kalau jumlah tidak sesuai tulislah
jumlah yang benar dan pada daftar cucian dicounter-signed oleh Laundry
Supervisor.
· Periksa keadaan
pakaian, apakah ada yang rusak / robek, luntur, susut/ciut, kancingnya hilang
dan lain-lain. Mintalah persetujuan untuk diproses lebih lanjut dengan mengisi
formulir yang disebut “Letter of Confirmation.” Valet juga
menandatangani atas nama Laundry Manager
· Tulislah semua pesan
tamu dengan mudah dan jelas.
· Periksalah seluruh
kantong yang ada pada pakaian dan kembalikan apa saja yang terdapat di
kantong langsung pada tamunya, jika tamu tidak ada serahkan pada Lost & Found
di Housekeeping Dept. Dan beritahu Duty Manager, Housekeeping supaya membuat
Lost & Found List dan ditanda tangani olehnya.
· Bawalah semua cucian
yang telah diperiksa tsb ke checker guest laundry untuk segera diproses.
· Letter of confirmation
diserahkan ke Laundry Office staff untuk disimpan.
· Tulislah semua cucian
yang diambil ke dalam valet pick-up report.
Pengembalian Pakaian
tamu
· Isilah Valet Delivery
Report Form dengan benar LD (laundry), DC (dry cleaning), PO (press only).
· Sebelum dibawa ke
kamar, periksalah bahwa pakaian yang digantung dalam keadaan lengkap dan rapih
setrikanya.
· Berikan pakaian
langsung pada tamu dan mintalah untuk diperiksa kembali dengan kata-kata
yang sopan dan kemudian mintalah tanda tangan tamu sebagai tanda terima pada
valet delivery report form.
3. Laundry
Checker
Maksud dan Tujuan
Maksud dan Tujuan
· Memastikan penanganan
pengecekan dan penandaaan, pengelompokkan order serta kegiatan administrasi
checker di departemen Laundry dapat dilakukan dengan efektif dan efisien.
Uraian Kerja
· Bertugas untuk
mengecek dan memberi tanda pada pakaian yang akan dicuci.
· Terlebih dahulu kita
harus mencocokkan jenis pakaian dengan yang tertera di list, lalu melihat kondisinya:
sobek, luntur dan kancing kurang, lalu diberi tanda/marker dan juga
memperhatikan pesan tamunya: minta dilipat/digantung dan dikanji harus diberi
tanda khusus.
· Apabila ada pakaian
tamu yang rusak sebelum dicuci checker guest akan menyerahkan ke valet dan
ditunjukkan dulu ke tamunya dan dilampirkan “Letter of Confirmation”.
· Pakaian yang telah di
marker dipisahkan sesuai dengan permintaan tamunya: LD (laundry), DC (dry
cleaning), PO (press only) pada ember dan meja tersendiri yang terpisah.
· Setelah pakaian
selesai diproses dan dikembalikan lagi ke Checker Guest terus disediakan
dan dicocokkan lagi sesuai degan daftar semula.
· Bila saat preparation
(penyediaan) ditemukan adanya pakaian yang salah penanganan akan
dilaporkan ke Supervisor / Section Head untuk diproses ulang.
· Bila semua pekerjaan
telah selesai semua terus membuat laporan di buku Checker Guest Laundry Report.
Petunjuk Pelaksanaan
Sortir Menurut Kamar
· Sortir list sesuai dengan
nomor urut marker, dan gantungkan pada sorter rack.
· Mensortir pakaian yang
perlu digantung dengan mengambil data dari laundry list.
· Tuliskan nomor kamar,
nomor marker dan jenis pakaian yang akan digantung pada tiap tiap jenis pakaian
yang akan digantung pada tiap-tiap kertas gantungan berikut jumlahnya.
· Masukkan kedalam box
(kotak) pakaian yang telah diproses sesuai dengan nomor marker yang tertera di
list.
· Cocokkan jumlah, jenis
dan quality-nya antara pakaian yang sudah diproses dengan nomor yang ada di
list dan apabila sudah sesuai dan cocok maka siap untuk dipacking.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar